Kamis, 30 Juli 2020

Mulai Hari Ini,PT KAI Daop 4 Sediakan Fasilitas Rapid Test di Stasiun Semarang Tawang

Semarang.Seiring dengan mulai diberlakukannya kembali perijalanan KA,KA Reguler Jarak Jauh secara bertahap, PT Kereta Api Indonesia Persero telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur yang dipersyaratkan(SE No 9 Th 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19) dalam melayani para pelanggan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di
wilayah stasiun dan selama perjalanan KA.

"Kami PT KAI (Persero) telah bekerja sama dengan PT Rajawali Nusindo sesama BUMN kami ada MOU kerjasama dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat ,jadi calon penumpang tidak perlu lagi jauh jauh untuk pelayanan Rapid Test ,mulai hari ini kami sediakan di semarang tawang."ujar Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso kepada awak media di stasiun Semarang Tawang kamis (30/7/2020).

Di jelaskanya,dalam pelaksananya,pihaknya menyediakan
fasilitas rapid test Covid-19 di Stasiun Semarang Tawang seharga Rp.85.000.jauh dari harga yang di terapkan oleh Kemenkes Rp 150.000.Fasilitas ini mulai beroperasi pada Kamis (30/7) dengan jam pelayanan 07.00 s.d. 19.00 WIB dan penyediaan reagent rapid sebanyak 100 buah/hari. 

"Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yakni diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 °C, wajib menggunakan masker,
dan dianjurkan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket."jelasnya.

Selain itu, khusus penumpang jarak
jauh akan disediakan fasilitas face shield di pintu masuk boarding stasiun dan juga diharuskan melampirkan surat keterangan uji tes PCR maupun rapid test Covid-19 dengan hasil non reaktif negative) dari instansi yang berwenang dan berlaku selama 14 hari sejak tanggal dikeluarkan.

"Kegiatan Rapid test Covid-19 ini meliputi pemeriksaan, pengujian dan rekomendasi kepada calon penumpang KA.Bagi pelanggan yang ingin menggunakan fasilitas ini cukup menunjukkan bukti kode booking tiket KA kepada petugas di lokasi. Selain itu, kepada penumpang yang akan melakukan Rapit Test pada hari H keberangkatan dihimbau berangkat lebih awal untuk mengantisipasi apabila terdapat antrian."urainya.

Selama pelaksanaan ini, petugas di lokasi tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19 yakni dengan mengenakan APD berupa face shield, baju hazmat, hands glove; penyediaan hand sanitizer & tempat sampah medis; serta melakukan disinfektan lokasi secara teratur.

"Kehadiran layanan ini diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat
sampai di tujuan."Pungkasnya.**

0 comments:

Posting Komentar

Smile Police

Smile Police