Senin, 15 Agustus 2016

Sambut HUT RI KE-71 Lapas Kedungpana Catatkan Rekor Muri


SEMARANG –SJP-Com-Dirjen Pemasyarakatan menyelenggarakan kegiatan perlombaan olah raga tradisional  dalam rangka Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-71 seperti ‘terompah panjang’ atau sandal bakiak yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan peserta terbanyak.
Selain itu juga menyanyikan lagu “Hari Merdeka” yang dinyanyikan serentak oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di Indonesia. Acara yang berlangsung di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang itu terkesan sangat meriah. 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Jateng, Bambang Sumardiono menyampaikan, acara yang akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) tersebut dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Hamonangan Laoly melalui Zoom Aplikasi Teleconference di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas II A Jakarta dan terkoneksi keseluruh lapas dan rutan di seluruh Indonesia.
“Kegiatan ini untuk memperkuat visi misi Nawacita dalam bingkai semangat revolusi mental warga binaan pemasyarakatan,” kata Bambang di Lapas Klas 1 Kedungpane Semarang, Senin (15/8/2016)..
Namun, pada peringatan kemerdekaan tahun ini, keunikan dari lomba bakiak yang menjadi perhatiannya. Karena, semua warga binaan yang mengikuti lomba bakiak juga memakai pakaian adat. 
“Kita bisa lihat keunikan dari lomba tradisional tersebut, dimana para peserta memakai pakaian wayang dan adat,” tandasnya.
Para peserta nampak bersuka ria mengikuti jalannya lomba. Bahkan tak sedikit peserta yang berjatuhan karena memakai kain dan harus berjalan di atas sandal bakiak dengan cepat.
Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan oleh 500 warga binaan dari Lapas Kelas I Kedungpane, dan 100 warga binaan wanita dari Lapas Wanita kelas II Semarang, dan ditandai dengan pelepasan balon warna merah putih oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng. 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk  menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan gotong royong kepada penghuni lapas,” pungkasnya. (SJPO2)

0 comments:

Posting Komentar

Smile Police

Smile Police